Demi Menggapai Ridha-Mu

Penduduk Surga dan Neraka sudah jelas jumlahnya, tidak akan bertambah atau berkurang

0 38

Abu Ja’far Ath-Thahawi Rahimahullah berkata:

وقد علم الله تعالى فيما لم يزل عدد من يدخل الجنة وعدد من يدخل النار، جملة واحدة، فلا يزاد في ذلك العدد ولا ينقص منه، وكذلك أفعالهم فيما علم منهم أن يفعلوه

“ٍSungguh Allah sudah mengetahui sejak zaman azali, jumlah orang yang masuk Surga dan jumlah orang yang masuk Neraka. Secara sekaligus. Jumlah itu tidak akan bertambah dan tidak akan berkurang. Allah juga mengetahui perbuatan-perbuatan mereka sesuai ilmuNya apa yang bakal mereka kerjakan.” (Syarah Akidah Thahawiyah, hlm. 317 tahqiq syuaib Al-Arnaut, cet. Daar alam Al-Kutub)

Pernyataan di atas menunjukkan:

(1) Allah ta’ala sudah mengetahui segala sesuatu sebelum terjadinya sejak azali. Yaitu 50 ribu tahun sebelum menciptakan langit dan bumi.

(2) Jumlah penduduk Surga dan Neraka sudah jelas tidak akan bertambah maupun berkurang. tapi kejelasan di sini adalah dalam ilmu ALlah. tiada seorang pun yang tahu apakah dia termasuk penghuni Surga atau Neraka.

(3) Seorang mukmin bisa husnudzan kepada ALlah jika dia akan menjadi penghuni SUrga, jika dimudahkan mengerjakan segala amal shalih dan ketaatan.

(4) Seorang mukmin menjadi sangat khawatir atas dirinya, jangan-jangan bakal menjadi penghuni Neraka, jika malas melakukan ketaatan. dan selalu ada saja rintangan atau halangan saat hendak berbuat kebaikan.

(5) Allah mengetahui sementara kalian tidak mengetahui. (QS. Al-Baqarah: 216), sebuah kaidah bahwa siapa pun yang dijadikanNya masuk SUrga, karena Dia sudah tahu orang tersebut sangat pantas masuk SUrga. sementara yang dijadikanNya masuk Neraka, Dia juga sangat tahu bahwa orang tersebut memang pantasnya menjadi penghuni Neraka. maka jangan pernah protes mengapa fulan masuk Neraka dan mengapa fulan masuk Surga. jadikanlah diri kita orang-orang yang pantas masuk SUrga.

Leave A Reply

Translate »